5 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Kediri

destinasi wisata Kediri

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Kediri – Kediri merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang menampilkan keelokan alam dan keanekaragaman budaya yang menarik perhatian. Hal ini menjadikan tujuan wisata menarik bagi pelancong lokal dan internasional. Sebagai kota terbesar di Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya, Kediri membawa pesona alam yang tak kalah memukau dibandingkan dengan area lain di sekitarnya seperti pantai di Malang atau air terjun di Batu .

Tempat wisata alam di Kediri sangat beragam, mencakup air terjun yang memukau, pegunungan yang menjulang tinggi, hingga bukit-bukit yang menawan. Ketika mengunjungi Kediri, keunggulan aksesibilitas menjadi faktor penting. Infrastruktur transportasi yang baik, seperti jalan, terminal, dan stasiun, mempermudah perjalanan para wisatawan.

Meskipun Simpang Lima Gumul mungkin menjadi destinasi paling terkenal di Kediri, kenyataannya masih banyak tempat wisata lain yang tidak kalah menarik. Keberagaman destinasi alam di Kediri menjadi daya tarik utama, dan setiap pengunjung memiliki kesempatan untuk menemukan tempat yang sesuai dengan minat dan preferensinya. Jadi, jangan hanya terpaku pada satu lokasi, berikut lima destinasi wisata alam di Kediri.

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Kediri

1. Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia dan menjadi destinasi wisata alam yang menarik, terutama melalui rute Wates Kediri. Terletak di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Jawa Timur. Untuk menuju Gunung Kelud dari simpang Lima Gumul, bawa kendaraan anda menuju Wates. Setelah tiba di Wates, arahkan perjalanan ke arah Ngancar dan ikuti petunjuk arah yang telah dipasang oleh Pemerintah Kota Kediri yang menunjukkan jalur menuju Gunung Kelud.

gunung kelud kediri

Gunung Kelud menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Sejak meletusnya pada awal tahun 2014 gunung ini telah menjadi daya tarik bagi berbagai kalangan, tidak hanya pendaki berpengalaman tetapi juga para wisatawan yang ingin menikmati pesona alamnya.

Rute menuju Gunung Kelud melalui Wates Kediri memungkinkan akses yang nyaman dengan jalanan yang sudah beraspal. Meskipun mencapai ketinggian yang cukup tinggi, pengunjung dapat menggunakan kendaraan untuk mencapai puncak gunung. Pemandangan yang menakjubkan menanti di setiap tikungan, membuat perjalanan melalui jalur ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Sekilas, Gunung Kelud mungkin terkenal karena aktivitas vulkaniknya, namun kecantikan alam di sekitarnya juga patut diperhatikan. Wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan panorama yang indah, mulai dari hamparan hijau perbukitan, lembah yang asri, hingga keindahan alam yang masih alami. Oleh karena itu, tak heran jika Gunung Kelud melalui Wates Kediri menjadi destinasi favorit bagi para pencinta alam yang ingin menyaksikan keajaiban alam Indonesia secara langsung.

2. Gunung Wilis Via Mojo Kediri

Gunung Wilis merupakan sebuah gunung non-aktif dengan ketinggian mencapai 2565 mdpl. meskipun belum begitu dikenal di kalangan para pendaki , gunung wilis menawarkan pengalaman mendaki yang menarik. Gunung wilis via Kediri dapat dikunjungi melalui jalur mojo, lebih tepatnya ada di daerah Desa Besuki, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri arah  pintu masuk obyek wisata Air Terjun Dolo dan Irenggolo.

gunung wilis destinasi wisata alam kediri

Daerah lereng Gunung Wilis memiliki sejarah penting, dilalui oleh Jenderal Sudirman sebelum melancarkan Serangan Umum 1 Maret 1949 ke Yogyakarta. Lokasinya terletak di Desa Besuki, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Dengan keindahan alam dan sejarahnya, Gunung Wilis merupakan destinasi mendaki yang menarik bagi mereka yang mencari pengalaman mendaki yang unik di Jawa Timur.

3. Air Terjun Dolo Kediri

Air Terjun Dolo terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Jaraknya sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Kediri, dan perjalanan biasanya memakan waktu sekitar satu jam. Untuk mencapai lokasi tersebut, awali perjalanan dari Kota Kediri dan arahkan kendaraan ke Jalan Kediri – Tulungagung. Setelah melewati SPBU Branggahan, pada pertigaan besar selanjutnya, belok kanan ke Jalan Merak. Selanjutnya, ikuti jalur tersebut yang akan membawa Anda menuju destinasi Air Terjun Dolo Kediri.

Air Terjun Dolo Kediri

Akses menuju air terjun ini aman dengan jalur yang baik, dapat dijangkau baik dengan motor maupun mobil, sambil menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan. Air Terjun Dolo buka untuk umum dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuk sekitar Rp 7.500 per orang.

Tempat ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga kaya akan mitos yang diperkaya sejak zaman dahulu. Terdapat sebuah benda misterius di dekat pohon yang konon dapat terlihat atau tidak terlihat, menambah nuansa mistis di sekitar Air Terjun Dolo. Selain itu, ada pantangan yang harus dihindari, seperti tidak bersiul, tidak bertepuk tangan, dan menjaga perilaku agar tetap sewajarnya.

4. Air Terjun Irenggolo Kediri

Kota Kediri meskipun dikenal dengan cuaca panasnya, menyajikan destinasi wisata air terjun yang menarik, yaitu Air Terjun Irenggolo. Irenggolo diambil dari nama seorang panglima Ira Manggolo yang konon datang ke air terjun setelah mengalami kekalahan dalam pertempuran. Tempat ini menjadi tempat pertapaan beliau hingga akhir hayat. Meski awalnya destinasi sepi, Air Terjun Irenggolo kini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota.

Air Terjun Irenggolo Kediri

Terletak di Jalan Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Air Terjun Irenggolo dapat dijangkau sekitar 30 km dari pusat Kota Kediri. Rutenya meliputi arah Puhsarang, lalu ambil Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Selanjutnya, masuk ke hutan pinus hingga mencapai Air Terjun Irenggolo. Setelah perjalanan sekitar 1 km, tiba di area parkir. Selanjutnya, pengunjung masih perlu berjalan kaki sekitar 300 meter untuk mencapai lokasi Air Terjun Irenggolo.

Akses jalannya yang baik memungkinkan penggunaan berbagai moda transportasi untuk mencapai destinasi ini. Dengan segala daya tariknya, liburan di Air Terjun Irenggolo akan memberikan pengalaman yang seru dan tak terlupakan.

5. Bukit Ongakan

Bukit Ongakan terletak di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kediri. Terletak sekitar 44 km dari pusat kota, perjalanan dapat dimulai dari arah pasar Kepung, lalu melanjutkan ke arah Timur. Setelah melewati patung yang berada di tengah jalan, belok ke kanan dan teruskan perjalanan mengikuti jalan hingga menemui petunjuk arah melalui banner untuk mencapai Bukit Ongakan.

Bukit Ongakan Kediri

Bukit ini menawarkan keindahan alam yang menarik dengan harga tiket sekitar Rp 5.000. Wisata ini memungkinkan trekking menuju puncak bukit, memberikan pengalaman seru untuk keluarga. Area pikniknya dilengkapi dengan spot foto menarik, warung jajanan, tempat parkir, toilet, dan camping ground.

Disarankan mengunjungi Bukit Ongakan di pagi hari untuk pengalaman terbaik bersama keluarga, dan jangan lupa membawa kamera atau gadget untuk mengabadikan momen berharga di destinasi alam Kediri yang menawan ini.

Demikianlah rekomendasi destinasi wisata alam di wilayah Kediri, Jawa Timur. Keindahan dan kemegahan alam yang disuduhkan tidak kalah dengan wilayah lain yang ada di Jawa Timur seperti wisata alam di Malang, Mojokerto, ataupun Batu. Kalian pecinta alam atau sekadar butuh waktu me time dari penatnya kehidupan? Tentunya Kediri wajib masuk ke dalam daftar daerah yang harus kalian kunjungi.

Bagikan di:

Artikel dari Penulis