Search
Close this search box.

Destinasi Wisata yang Cocok untuk Liburan Natal & Tahun Baru 2024

wisata tahun baru

Destinasi Wisata yang Cocok untuk Liburan Natal & Tahun Baru 2024 – Tidak terasa tahun 2023 beberapa hari lagi akan berganti dengan 2024. Musim liburan sekolah dan akhir tahun segera tiba. Akan semakin seru jika merencanakan healing di libur natal dan tahun baru. Bagi kalian yang belum memilih tujuan liburan, Jawa Timur bisa menjadi solusinya. Jawa Timur menawarkan sejumlah destinasi wisata menarik untuk akhir tahun, mulai dari pantai, pegunungan, budaya, hingga wisata buatan yang mempesona. Berikut wisata yang cocok dikunjungi sebagai destinasi liburan natal dan tahun baru 2024.

Destinasi Wisata yang Cocok untuk Liburan Natal & Tahun Baru

Gunung Bromo 

Gunung Bromo merupakan ikon wisata Jawa Timur yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Menjadi salah satu destinasi wisata favorit saat liburan akhir tahun yang terletak di Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kec. Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Hawa sejuk pegunungan dan pemandangan matahari terbit yang memukau menjadi daya tarik utama gunung berapi ini.

Untuk menikmati pemandangan matahari terbit, kalian dapat berangkat dari Desa Cemoro Lawang sekitar pukul 3 dini hari. Setibanya di Penanjakan 1, kalian dapat menyaksikan matahari terbit dari atas bukit. Setelah puas menikmati matahari terbit, kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Kawah Bromo. Kawah Bromo merupakan salah satu kawah aktif di Indonesia. Terlihat semburan asap belerang yang mengepul dari dalam kawah.

Bagi kalian yang menyukai tantangan, cobalah naik kuda atau mendaki ke bibir kawah. Kalian juga dapat menikmati hamparan padang savana yang mulai menghijau pasca kebakaran lalu.

Jatim Park

Jatim Park merupakan taman hiburan terbesar di Jawa Timur, menawarkan berbagai macam wahana dan atraksi yang menarik dan edukatif. Terdiri dari tiga lokasi, yaitu Jatim Park 1 Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu. Jatim Park 2 Jl. Raya Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu. Dan Jatim Park 3 Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu.

Taman hiburan ini dapat menjadi destinasi wisata yang tepat untuk keluarga saat liburan tahun baru. Dengan berbagai macam wahana dan atraksi yang ditawarkan, Jatim Park dapat menjadi tempat yang menyenangkan bagi semua anggota keluarga, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Kawah Ijen Banyuwangi

Ijen Geopark merupakan salah satu taman bumi di Jawa Timur yang telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp), menawarkan berbagai macam situs geologi dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu situs geologi yang paling terkenal adalah Kawah Ijen yang memiliki fenomena alam unik bernama Blue Fire dan sunrise. Lokasinya berada di Paltuding, Kecamatan Ijen terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Fenomena Blue Fire terjadi karena pertemuan gas belerang dengan udara sekitar. Gas belerang bertekanan tinggi menyembur dari celah-celah bebatuan dengan suhu mencapai 600 derajat celcius. Fenomena ini hanya dapat ditemukan di beberapa tempat di dunia, salah satunya di Kawah Ijen.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran menawarkan pengalaman petualangan yang unik. Kalian akan langsung disambut oleh pemandangan hutan dan semak belukar yang rimbun saat memasuki kawasan taman nasional. Setelah itu, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan padang savana yang luas dan asri. Padang savana ini menjadi habitat bagi berbagai hewan liar, seperti monyet, rusa, dan kijang. Tak heran jika Taman Nasional Baluran dijuluki sebagai “Little Africa”. Taman Nasional Baluran terletak di wilayah di wilayah Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur.

Wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Pantai Bama yang terletak di dalam kawasan taman nasional. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan air laut yang tenang. Wisatawan dapat bersantai dan berswafoto di pantai ini. Namun, pengunjung dilarang memberi makan hewan-hewan liar yang berkeliaran di kawasan taman nasional.

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen merupakan destinasi wisata yang cocok bagi kalian para pecinta satwa. Pengunjung dapat melihat berbagai macam hewan dari berbagai belahan dunia, termasuk hewan-hewan langka. Taman Safari Prigen terletak di wilayah lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kalian dapat memberi makan hewan-hewan tersebut dengan membeli sayuran di dalam taman safari. Taman Safari Prigen juga merupakan destinasi wisata edukasi yang dapat menambah pengetahuan pengunjung tentang berbagai jenis hewan. Lokasinya bisa dilihat melalui Google Maps.

Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo merupakan wisata air terjun setinggi 84 meter. Destinasi ini menjadi primadona wisata alam di Kabupaten Malang. Berada di tengah hutan hijau nan asri, air terjun ini menawarkan kesejukan dan panorama yang memanjakan mata. Lokasinya tepat di wilayah Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kabupaten Malang.

Suara gemuruh air yang jatuh serta semilir angin pegunungan menciptakan suasana damai dan rileks. Tak heran, Coban Rondo menjadi tujuan favorit untuk wisata keluarga dan rekreasi bersama teman. Selain menikmati keindahan air terjun, berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di Coban Rondo. Kalian dapat berenang di kolam air terjun yang jernih, bersantai di area piknik yang rindang, atau trekking menyusuri jalur hutan yang menantang.

Untuk melengkapi pengalaman wisata, tersedia pula warung-warung makan yang menyajikan aneka kuliner khas Malang. Mencicipi makanan sambil ditemani pemandangan air terjun tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Taman San Terra

Taman San Terra merupakan destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Malang. Taman ini menawarkan berbagai macam pemandangan menarik yang cocok untuk keluarga dan anak-anak. Taman San Terra terletak di wilayah Jalan Raya Madya, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kabupaten Malang.

Salah satu daya tarik utama Taman San Terra adalah taman bunga yang luas dan indah. Taman ini dihiasi dengan berbagai macam bunga warna-warni yang ditata dengan apik. Kalian dapat berfoto di berbagai spot foto Instagramable yang tersedia di taman bunga ini. Harga tiket masuk Taman San Terra hari biasa Rp 25.000 sedangkan akhir pekan Rp30.000.

Air Terjun Tumpak Sewu

Tersembunyi di perbatasan kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur, Air Terjun Tumpak Sewu (Seribu Air Terjun) menyuguhkan pemandangan spektakuler yang memukau bagi para pengunjung dari seluruh penjuru Indonesia. Air terjun ini bukan hanya sekedar aliran air yang jatuh dari tebing, melainkan rangkaian air terjun bertingkat yang menyerupai tirai air raksasa, seolah-olah terurai dari tebing setinggi 120 meter. lokasinya terletak di wilayah Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Harga tiket masuk: Rp25.000 (dewasa), Rp15.000 (anak-anak).

Daftar wisata di atas cocok untuk dikunjungi sebagai healing di akhir tahun. Tentu saja, pilihan destinasi wisata yang cocok tergantung pada minat dan budget kalian. Jika memiliki budget yang terbatas, kalian bisa memilih destinasi wisata yang terjangkau atau yang terdekat dari tempat tinggal kalian. Misalnya kalian bisa berkunjung ke pantai di daerah Malang yang tentunya sangat indah dan terjangkau. Selamat memutuskan mau berkunjung ke mana liburan akhir tahun ini. Semoga menyenangkan dan menjadi liburan yang tak terlupakan.

Bagikan di:

Artikel dari Penulis